Friday, October 7, 2022
spot_img
spot_img

10 Aplikasi yang Diblokir Kominfo, Ada Amazon, Paypal hingga Yahoo

Jakarta, Aktualiti.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan ada sepuluh aplikasi yang telah diblokir karena belum mendaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) pada Sabtu (30/7/2022).

Berdasarkan hasil evaluasi Kominfo, hingga 29 Juli 2022 terdapat sepuluh dari seratus Sistem Elektronik (SE) terpopuler dengan kategori wajib daftar yang belum melakukan pendaftaran.

Adapun sepuluh situs dan aplikasi yang belum terdaftar antara lain, yaitu Amazon, Paypal, Yahoo, Bing, Steam, Dota, CS GO, Epic Games, Battel Net, dan Origin.

Pemutusan akses tersebut dilakukan sesuai dengan pengamatan Direktorat Aplikasi dan Informasi (Aptika), Direktorat Jendral Aptika, Kementerian Kominfo terhadap seratus SE dengan trafik tertinggi yang belum melakukan pendaftaran.

Baca juga : Cabut Sementara Pemblokiran Paypal Selama 5 Hari, Kominfo: Kesempatan untuk Pindahkan Saldo

SE lain akan diputus aksesnya secara gradual dan berkala sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adapun SE yang belum terdaftar dan terkena pemutusan hanya bersifat sementara, artinya tidak permanen. Kementerian Kominfo dapat kembali membuka akses SE setelah perusahaan mendaftarkan SE.

Kominfo mengimbau kepada PSE lingkup privat untuk segera mendaftar melalui Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik Berbasis Risiko / Online Single Submission Risk-Based Approach (OSS RBA) pada laman ass.go.id

Namun dalam pantauan Aktualiti, aplikasi keuangan Paypal sebelumnya sudah melakukan pendaftaran dan sudah tercatat dilaman PSE Kominfo (pse.kominfo.go.id). Tapi sampai saat ini Paypal tidak bisa di akses dan masih masuk kedalam situs terlarang pada situs Trust Positif Kominfo.

Hal tersebut membuat para pengguna Paypal di Indonesia menjadi resah, karena mempengaruhii aktifitas transaksi yang mereka lakukan di platform tersebut.

Reporter: M. Asnawi Kholil

Editor : Mochamad Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini