Thursday, September 29, 2022
spot_img
spot_img

Google Setuju Bayar Layanan Wikipedia

Jakarta, Aktualiti.com – Google telah setuju untuk membayar layanan Wikipedia yang ditingkatkan. Hal ini merupakan bagian dari tren yang berkembang bagi raksasa teknologi AS untuk mencapai kesepakatan komersial dengan perusahaan web lain.

Meski Google sebelumnya sudah menyumbang USD 500 ribu kepada Wikipedia, tetap saja tidak cukup untuk memenuhi anggaran tahunan bagi organisasi nirlaba ini yang mencapai USD 28,3 juta. Namun demikian, sumbangan itu sangat berarti.

Baca Juga : Review Trailer One Piece Film “Red”

Untungnya, kesepakatan baru tersebut menempatkan hubungan mereka pada pijakan komersial yang lebih formal, walaupun nilai kontrak Google tidak diungkapkan dalam pengumuman yayasan.

Tawaran ini ditujukan terutama bagi mereka yang menggunakan kembali dan meneruskan konten proyek Wikimedia dalam skala besar. Hal ini disebabkan pasar untuk layanan ensiklopedia dapat menciptakan narasi pertumbuhan baru di tahun-tahun mendatang.

Melalui kerja sama terbuka dan sistem penyuntingan berbasis wiki, komunitas sukarelawan membuat dan mengelola Wikipedia yaitu ensiklopedia online multibahasa gratis. Produk ini dirancang untuk memudahkan entitas-entitas ini mengemas dan berbagi konten Wikimedia.

Pada 2022, Wikipedia menduduki peringkat ke-7 situs web paling populer. Peringkat tersebut secara konsisten merupakan salah satu dari 10 situs web teratas menurut Similarweb dan Alexa sebelumnya. Google menggunakan materi Wikipedia dari situs untuk “panel info”, bilah sisi yang menyertai hasil pencarian utama.

“Kami telah lama mendukung Wikimedia Foundation dalam mengejar tujuan bersama kami untuk memperluas pengetahuan dan akses informasi bagi orang-orang di mana saja,” kata Tim Palmer dari Google.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini