Saturday, October 1, 2022
spot_img
spot_img

Migrasi TV Analog ke Digital, Tak Harus Beli TV Baru Kok

Jakarta, Aktualiti.com– Sobat Aktualiti, kamu masih sering menonton televisi? Televisi seperti apa yang ada di rumahmu? Apakah TV Kabel, analog, atau sudah Smart TV? Bagaimana cara menangkap penyiarannya? Apakah menggunakan parabola atau antena?

Seperti yang kita ketahui, untuk merambah transformasi digital lebih cepat, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan mulai menghentikan siaran TV Analog (analog switch off/ASO) dan beralih ke siaran TV digital mulai tanggal 30 April 2022.

Dengan beralih menggunakan TV Digital, kualitas tayangan yang didapatkan akan jauh lebih jernih dan stabil.

Namun, beberapa dari sobat Aktualiti sepertinya masih bingung, apakah itu berarti harus membeli TV baru? Apakah harus berlangganan TV kabel?

Tenang sobat Aktualiti, Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI Rosarita Niken Widiastuti menegaskan masyarakat tidak perlu membeli televisi baru untuk menikmati siaran tv digital.

“Masyarakat tidak harus beli TV baru, karena TV yang lama, walaupun belum digital, bisa langsung beralih ke digital lewat set top box (STB). STB adalah alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampikan di TV analog biasa,” kata Niken dalam webinar, Senin (25/4/2022).

Lebih lanjut, Niken menjelaskan tidak perlu menggunakan antena parabola, karena dengan STB sudah mendukung Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial (DVB-T2)

“Cukup gunakan antena TV biasa,” katanya.

Selanjutnya, set top box subsidi secara bertahap dibagikan menjelang pelaksanaan ASO menyesuaikan tahapan yang sudah direncanakan. Untuk ASO pertama tanggal 30 April 2022, set top box secara bertahap dibagikan sejak pertengahan Maret.

Bagi kamu yang ingin membeli perangkat set top box sendiri, Kemenkominfo telah merekomendasikan daftar merk set top box yang sudah memiliki sertifikasi agar perangkat sesuai dengan penggunaan di Indonesia, dan sudah lolos uji laik operasi (ULO).

Daftar perangkat STB yang sudah memiliki sertifikasi Kominfo dapat dilihat di situs resmi Siaran Digital Indonesia.

So, jangan khawatir harus beli TV baru ya sobat Aktualiti!

 

Reporter : Ahmad Widyarma

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini