Thursday, September 29, 2022
spot_img
spot_img

Profil Platform Digital yang Diblokir Kominfo

Jakarta, Aktualiti.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memblokir sederet platform digital yang tidak melakukan pendaftaran dan mematuhi aturan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat, mulai 30 Juli 2022.

Memang, Kominfo sudah mengirimi surat teguran terhadap berbagai platform digital agar segera mendaftarkan diri sesuai tenggat yang ditentukan. Kewajiban pendaftaran ini merupakan amanat Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Baca Juga: Harga Mobil Listrik di Indonesia

Dalam kebijakan PSE Kominfo itu, bila tak segera mendaftar sesuai tenggat yang ditentukan, PSE Lingkup Privat bakal dianggap ilegal dan akses layanannya bisa diblokir di Indonesia.

Di sisi lain, sejumlah netizen sangat menyayangkan keputusan Kominfo atas pemblokiran tersebut. Hemat mereka, hal ini bermuat kendala bagi pekerja pas yang mengakses platform tersebut. Bahkan, hashtag #blokirkominfo di Twitter ramai disuarakan netizen.

Berikut, platform digital yang diblokir oleh Kominfo disampaikan melalui Siaran Pers No. 308/HM/KOMINFO/07/2022 tentang Pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat, yaitu:

1. Steam (PSE: Valve Corp)

Platform ini bekerja sebagai pengumpul atau penyalur data game yang dimiliki oleh pengembang dan dijual disini, bisa disebut semacam Playstore atau Apple Store pada smartphone. Semua aplikasi game bisa didapatkan melalui platform ini.

2. Paypal (PSE: Paypal Pte. Ltd.)

PayPal merupakan perusahaan penyedia layanan elektronik yang memfasilitasi pembayaran antar pihak melalui transfer online. PayPal memungkinkan pelanggan untuk membuat akun di platformnya, yang terhubung ke kartu kredit atau rekening giro pengguna.

Bisa dikatakan, PayPal adalah salah satu pembayaran digital paling populer di dunia. Saat ini saja PayPal sudah memiliki lebih dari 400 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

3. Yahoo! (PSE: Yahoo LLC)

Yahoo merupakan perusahaan internet ternama seperti Google. Perusahaan ini didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan resmi dibentuk pada 1 Maret 1995. Di Yahoo, para pengguna juga bisa memanfaatkan fitur periklanan, online mapping, video sharing dan akses sosial media.

4. Bing (PSE: Microsoft)

Bing adalah salah satu situs mesin pencari web yang berada di bawah naungan Microsoft. Search engine merupakan mesin pencari web atau mesin penelusuran web yang memiliki fungsi sebagai program komputer yang memang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang sudah disimpan dalam layanan, seperti www, ftp, ataupun newsgroup dalam sebuah atau sejumlah komputer dalam satu jaringan.

5. Amazon (PSE: Amazon Inc)

Hampir sama seperti Blibli, Tokopedia maupun Shopee. Amazon adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan berbasis online. Kantor pusatnya terletak di Seattle, Washington, Amerika Serikat.

6. Dota (PSE: Valve Corp)

Cukup terkenal dikalangan para gamers, Dota adalah game online yang pertama kali muncul pada 2006. Permainan ini bahkan ada turnamennya, baik nasional maupun internasional.

Indonesia sendiri saat ini memiliki beberapa tim Dota yang sering bertarung di kancah internasional, diantaranya BOOM ID, EVOS Esports, Rex Regum Qeon, PG.Barracx dan Alter EGO.

7. Counter Strike: Global Offensive

Counter Strike: Global Offensive merupakan sebuah permainan dengan mode FPS yang dikembangkan oleh Valve Corporation dan Hidden Path Entertainment.
Platform ini dirilis pada tanggal 21 Agustus, 2012 dan dapat dimainkan pada Microsoft Windows, OS X, Xbox Live Arcade dan Playstation Network versi Amerika.

8. Battle Net (PSE: Blizzard Entertainment, Inc)

Battlenet merupakan sebuah pusat permainan game video daring berbasis online yang dikembangkan oleh Blizzard Entertainment.

Diluncurkan pertama kali pada Januari 1997, Battlenet adalah penyedia game online pertama yang melibatkan pemain untuk berpartisipasi secara langsung ke dalam game yang ingin dimainkan.

9. Origin (PSE: Electronic Arts)

Origin merupakan platform distribusi digital yang dikembangkan oleh Electronic Arts untuk membeli dan memainkan permainan video. Penggunaanya tersedia untuk komputer pribadi dan platform seluler.

Origin berisi fitur sosial seperti manajemen profil, jaringan dengan masing-masing user atau pengguna, hingga bisa memulai obrolan satu sama lain.

10. Epic Games (PSE: Epic Games, Inc)

Didirikan sejak 1991 oleh Tim Sweeney sebagai Potomac Computer Systems di Potomac, Maryland, Amerika Serikat, Epic Games adalah perusahaan pengembang perangkat lunak dan penerbit permainan video

Reporter: Muhammad Sahrul
Editor: Royhan Zein

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini