Saturday, October 1, 2022
spot_img
spot_img

Luhut dan Ganjar Sepakat Tunda Kenaikan Tarif Tiket Masuk Candi Borobudur

Semarang, Aktualiti.com – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan temui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dalam pertemuan tersebut keduanya sepakat untuk menunda kenaikan tarif tiket masuk Candi Borobudur.

“Kita postpone dulu. Tadi Pak Menteri (Luhut Binsar Pandjaitan) sudah menyampaikan, ‘Pak Gub, itu kita postpone dulu, biar tidak terjadi cerita yang ke mana-mana’,” kata Ganjar usai bertemu dengan Luhut di Rumah Dinas Gubernur Jateng, Semarang, Selasa (7/6/2022).

Terkait polemik kenaikan tarif tiket masuk, menurut Ganjar diperlukan beberapa langkah sebelum akhirnya diberlakukan kenaikan tiket, apalagi banyak masyarakat yang mengajukan protes atas rencana tersebut.

Baca juga : Ini Alasan Luhut Terapkan Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Rp 750.000

Menurutnya, perlu proses pengkajian yang matang bersama Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur serta Balai Konservasu Borobudur terkait kenaikan harga tiket.

“Saya sampaikan kepada beliau, ini banyak yang protes, menurut saya diendapkan dan beliau setuju. Ini soal tarif jangan dibicarakan dulu, di-postpone dulu, dan memang TWC sama balai sedang komunikasi maka masyarakat tidak perlu resah. Itu penting untuk disampaikan,” jelasnya.

Ganjar melanjutkan, penataan kawasan Candi Borobudur masih terus dilakukan, sehingga harus dicari skema-skema terbaik untuk mengatur wistawan yang ingin naik ke area stupa.

Skema tersebut bisa berupa kenaikan tiket, pembatasan kuota wisatawan, maupun instrumen lain yang masih terus dikaji.

“Memang setelah itu TWC pun menyampaikan akan ditindaklanjuti dengan balai. Itu artinya butuh pranata regulasi terus kemudian kelayakan dari tarif yang ada, mekanismenya, karena mereka yang akan mengeksekusi,” jelas Ganjar.

Baca juga : Gempar Tiket Candi Borobudur Rp750 Ribu, Luhut: Belum Final, Masih Bisa Turun

Sebelumnya, Ganjar sudah memberikan penjelasan terkait wacana yang beredar tersebut. Ia menjelaskan bahwa rencana tarif Rp 750.000 itu khusus untuk wisatawan lokal yang hendak naik ke bangunan atau stupa Candi Borobudur. Untuk tiket masuk Candi Borobudur untuk wisatawan lokal dewasa sebesar Rp 50.000

Sedangkan wisatawan yang membayar Rp 50.000 hanya mencapai pelataran Candi Borobudur. Sampai saat ini juga wisatawan hanya boleh sampai pelataran Candi saja.

“Masuk ke kawasan dan naik ke candi. Dua hal ini perlu disampaikan ke publik agar bisa tahu kenapa ada pembatasan orang naik ke candi,” kata Ganjar beberapa waktu lalu.

 

Editor Mochamad Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini