Thursday, September 29, 2022
spot_img
spot_img

Pemerintah akan Terapkan Vaksin Booster Sebagai Syarat Perjalanan

Jakarta, Aktualiti.com – Pemerintah akan menerapkan kebijakan vaksin booster sebagai syarat mobilitas masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Koordinator PPKM Jawa – Bali Luhut Binsar Panjaitan setelah mengikuti rapat terbatas yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Pemerintah akan kembali menerapkan kebijakan insentif dan disinsentif dengan kembali mengubah dan memberlakukan persyaratan vaksinasi booster sebagai syarat mobilitas masyarakat ke area publik,” ujar Luhut sebagaimana dikutip dari maritim.go.id

Namun, kebijakan vaksin booster sebagai syarat perjalanan masyarakat baru akan diterapkan oleh pemerintah paling lama sekitar dua minggu lagi.

“Pemerintah juga akan kembali menerapkan persyaratan vaksinasi booster sebagai syarat perjalanan baik udara, darat, maupun laut, yang akan dilakukan maksimal dua minggu lagi,” imbuh Luhut.

Pemerintah menerapkan kebijakan tersebut dikarenakan kasus baru harian yang semakin meningkat dan masih rendahnya masyarakat yang melakukan vaksinasi booster.

Baca juga : PCNU Jakarta Timur Gelar Vaksinasi & Pasar Murah

“Untuk mendorong vaksinasi booster, syarat perjalanan dan masuk tempat umum seperti mall dan perkantoran, akan diubah jadi vaksinasi booster. Sentra vaksinasi di berbagai tempat, seperti bandara, stasiun kereta, terminal, dan pusat perbelanjaan juga akan diaktifkan kembali untuk memudahkan masyarakat mengakses vaksinasi,” terang Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Panjaitan.

Lebih lanjut, Luhut menambahkan untuk mencegah kenaikan kasus secara meluas ke depannya sekaligus mempersiapkan langkah-langkah mitigasinya. Pemerintah meminta kepada TNI, Polri, serta Pemerintah Daerah untuk kembali mendorong kebijakan vaksinasi dan juga tracing.

Selain itu, Luhut yang juga Menteri Koordinator Maritim dan Investasi mengingatkan bahwa sampai hari ini masyarakat merupakan kunci utama dari penanganan pandemi di Tanah Air.

“Untuk itu, dari lubuk hati yang paling dalam, saya memohon kepada masyarakat yang belum melakukan vaksinasi lengkap sampai booster untuk dapat segera mendatangi gerai-gerai vaksinasi yang sudah ada, demi kebaikan kita bersama dalam menghadapi pandemi dan pemulihan ekonomi yang masih berjalan saat ini,” pungkas Luhut.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini