Monday, September 26, 2022
spot_img
spot_img

Sudah 3 Tahun Tak Impor Beras, Jokowi: Swasembada Beras Indonesia Segera Terwujud

Subang, Aktualiti.com – Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Indonesia akan segera mewujudkan swasembada beras. Hal tersebut ia ungkapkan saat mengecek ketersediaan beras di Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BBPadi), Sukamandi, Subang, Jawa Barat, Selasa (12/07/2022).

“Saya yakin karena kita sudah tiga tahun ini tidak impor beras, saya yakin swasembada beras kita segera kita capai,” ujar Jokowi di BBPadi, Selasa, 12 Juli 2022.

Presiden Jokowi tidak menyampaikan secara detail kapan Indonesia akan benar-benar mencapai swasembada beras. Namun beliau menekankan jajarannya agar ketersediaan pangan selalu aman. Apalagi mengingat krisis pangan yang tengah dialami dunia saat ini.

“Saya datang ke Balai Padi milik Kementerian Pertanian dalam rangka untuk memastikan ketersedian pangan kita, utamanya beras, karena memang di balai ini benih-benih varietas unggul disiapkan,” ujar Jokowi.

Jokowi juga menyoroti beberapa varietas benih unggul yang disediakan BBPadi, seperti inpari 32, inpari 42, dan varietas lainnya. Menurutnya, penting bagi petani agar menggunakan bibit dengan varietas yang unggul.

Baca juga: Krisis Pangan Ancam Dunia, Jokowi Perbanyak Alternatif Pengganti Beras

“Saya ingin menyampaikan yang namanya benih itu sangat penting sekali dalam rangka menaikkan produksi beras kita di setiap hektarnya,” ucap dia.

“Kalau betul-betul didampingi oleh PPL-PPL yang baik, satu hektare tadi Inpari 32, Inpari 42, bisa menghasilkan kurang lebih sampai 12 ton. Tetapi katakanlah rata-rata 7-8 ton saja itu sudah sebuah lompatan yang sangat baik bagi stok ketersediaan pangan, utamanya beras kita,” jelasnya

Jokowi menilai setelah berhasil menjaga ketersediaan beras dan tidak mengimpor beras selama 3 tahun, produksi pangan harus berkembang, jangan hanya bertumpu pada beras saja.

“Perlu saya tekankan bahwa jangan juga kita ketergantungan hanya satu beras saja, tetapi pangan kita yang lainnya masih bisa untuk dikembangkan lagi,”

Pangan lainnya yang dimaksud seperti sorgum, porang, jagung, ketela pohon dan lainnya. Menurutnya, pangan-pangan tersebut memiliki peluang untuk ditingkatkan produksinya.

Editor : Mochamad Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini