Friday, September 30, 2022
spot_img
spot_img

Temui Presiden Putin dan Zelensky, Jokowi: Indonesia Berupaya Atasi Krisis Pangan dan Energi Dunia

Jakarta, Aktualiti.com – Presiden Joko Widodo akan temui Presiden Zelensky dan Putin untuk membuka ruang dialog bagi kedua belah pihak dengan harapan krisis pangan dan krisis energi dunia dapat teratasi.

Presiden Jokowi dijadwalkan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv, Ukraina, dan menemui Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskwa, Rusia, setelah menghadiri KTT G7 di Jerman 26-28 Juni 2022.

“Hari ini saya akan ke Jerman untuk menghadiri KTT G7, di mana kita di sini adalah sebagai partner country dari G7 dan juga (kita) diundang menghadiri KTT G7 ini sebagai Ketua Presidensi G20. Kita akan mengajak negara-negara G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina dan juga secepat-cepatnya mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan, krisis energi yang sedang melanda dunia,” ucap Jokowi dalam keterangan pers via YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (22/06/2022).

Setelah itu Presiden Jokowi akan menemui Presiden Zelensky dan Presiden Putin dengan misi membuka dialog perdamaian antar kedua negara.

Baca juga : PBNU Mendoakan Langkah Jokowi dalam Selesaikan Konflik Rusia-Ukraina

“Setelah dari Jerman, saya akan mengunjungi Ukraina dan akan bertemu dengan Presiden Zelensky, misinya adalah mengajak presiden Ukraina (Presiden Zelensky) untuk membuka ruang dialog dalam rangka membangun perdamaian karena perang memang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali,” ujar Jokowi.

Setelah itu Jokowi akan menemui Presiden Putin dengan harapan Rusia dapat membuka ruang dialog perdamaian dan melakukan gencatan senjata sesegara mungkin agar perang dapat dihentikan

Jokowi mengakui hal tersebut bukanlah hal mudah, namun Indonesia harus mengambil keberanian agar perdamaian segera terwujud dan krisis yang melanda dunia segera teratasi.

“Memang upaya ini tidak mudah namun kita Indonesia akan terus berupaya,” kata Jokowi.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam keterangannya beberapa waktu lalu menyampaikan, langkah Presiden Jokowi menemui Zelensky dan Putin untuk menunjukkan kepedulian Indonesia terhadap isu kemanusiaan, serta memberikan kontribusi mengenai krisis pangan akibat perang.

Menlu Retno menegaskan meskipun situasi sulit dan kompleks, tetapi Presiden Jokowi memilih berkontribusi untuk mengatasi perang yang terjadi antara Ukraina dan Rusia, dan tidak memilih untuk diam.

Editor : Mochamad Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini